Selasa, 16 Juli 2013

Nihonggo o Benkyoushimasho

Konnichiwa minna...o genki desuka? Mudah-mudahan genki ya...Hehehe...
Di sini kita akan belajar tentang bahasa jepang.  Semoga bermanfaat ya buat minna san.

Beberapa orang bilang bahasa jepang sulit dipelajari. Hmm...ya nggak salah sih. Bahasa jepang memiliki 3 jenis aksara yang asing bagi kita, yaitu hiragana, katakana dan kanji. Sebenernya ada satu lagi sih, tapi aksara ini nggak asing buat kita. Yaitu romaji atau yang kita kenal dengan huruf romawi. Aksara romaji paling jarang digunakan, biasanya cuma digunakan di papan reklame atau penunjuk jalan untuk orang asing.

Bahasa jepang juga memiliki tata bahasa yang agak tidak lazim buat kita. Makanya beberapa orang bilang bahasa jepang sulit untuk dipelajari. Hmm...Sebenernya semua bahasa yang baru kita pelajari tidak gampang.

Tapi tenang aja minna, kalau kalian punya minat yang besar terhadap bahasa dan tekun pasti kalian bisa menangkap dengan cepat. (menangkap pelajaran pastinya bukan koruptor). Huehehe...

Jadi inget waktu pertama kali belajar bahasa jepang nih. Waktu pertama kali masuk kelas saya plengo aja kayak orang dongo wkwkwk...Waktu itu dalam hati saya "Kayaknya gw salah ngambil ilmu neh. Waktu kecil aja belajar ngaji ga lancar-lancar, mau belajar bahasa jepang. Calon-calon madesu nih. Hidup gw kayaknya serba salah" hahahaha....Tapi ternyata semua berjalan normal. Dengan latihan yang tekun setiap hari walaupun 1 jam sehari, saya bisa menguasai hiragana dan katakana dengan cepat. Jadi intinya adalaaah minat, tekun dan optimis ya minna. Jangan kyk waktu saya baru masuk kelas. Orang putus asa hukumnya haram hahahaha...Ikuze minna, ganbatte kudasai!!

Di sini kita akan mempelajari :

Bahasa jepang basic yaitu,



Aisatsu(Salam) 
Di sini kita akan mempelajari bagaimana cara memberi salam kepada orang jepang. Salam-salam sederhana yang dipakai sehari-hari.

Nomina dalam bahasa Jepang
Di pelajaran kedua kita akan mencoba membuat kalimat sederhana dengan menggunakan partikel wa, mo dan ka.

PartikelNo (の) Part I (Nomina) 
Di sini kita akan belajar partikel no. Biasanya digunakan untuk memodifikasi kata benda. Di sini terdapat beberapa kegunaan dan fungsi partikel no.

KataTunjuk
Dalam bahasa jepang terdapat beberapa kata tunjuk. Di sini kita akan mempelajari kata tunjuk untuk benda dan tempat (arah).

Kita akan mencoba mengenal angka dan bilangan dalam bahasa jepang.

Ekspresi waktu dalam bahasa Jepang
Disini kita akan membahas kalimat sederhana untuk mengekspresikan kapan kejadian dimulai, kapan kejadian berlangsung dan kapan kejadian berakhir.  

Menyatakan Tujuan ke Suatu Tempat. 
Pembahasan kalimat yang menyatakan tujuan ke suatu tempat, alat untuk meunju ke tempat tersebut, dengan siapa dan kapan.

Kegunaan Partikel Dasar dalam Bahasa Jepang
Di sini kita membahas beberapa kegunaan partikel dasar (o, de, ni) dalam bahasa jepang.

Kata Sifat
Kata sifat terbagi menjadi dua, yaitu kata sifat -na dan kata sifat -i. Di sini kita akan mengetahui kegunaan dari kata sifat dan bentuk kalimat yang menggunakan kata sifat.

Kata Kerja Bentuk Kamus (Jisho-Kei)
Kita akan mengetahui 2 bentuk kata kerja dalam bahasa jepang, yaitu : Bentuk ~masu (bentuk sopan), dan bentuk kamus. Kita juga akan mengetahui 3 golongan kata kerja dalam bahasa jepang.

Menunjukan Keberadaan dengan Imasu dan Arimasu
Di sini kita akan menggunakan kata kerja imasu dan arimasu untuk menunjukan keberadaan suatu benda

Menyatakan Keinginan dalam Bahasa Jepang
Naahh...ini salah satu pembahasan kesukaan saya minna. Hehehe...Di sini kita bisa belajar menyatakan keinginan kita dalam bahasa Jepang.

2 komentar: