Kamis, 18 Juli 2013

Kanji

­Kanji (漢字)

 

Secara harafiah kanji berarti huruf han (Hanzi). Hanzi merupakan aksara yang berasal dari negeri tirai bambu atau Cina. Bisa ditebak dong aksara kanji ini inspirasinya dari mana?? Hehehe…Yap!! Aksara kanji adalah aksara yang diimport langsung dari Cina sekitar 2000 tahun yang lalu. Waahh…kirain cuma barang aja yang bisa diimport. Ternyata huruf juga bisa toh. Namun ada beberapa aksara kanji yang asli buatan Jepang. Aksara kanji ini tidak hanya mewakili bunyi aja, tapi juga mewakili sebuah arti. Beberapa kanji dibentuk dengan cara menggambarkan alam sekitar.

 

Di Jepang, terdapat sekitar 2500-3000 bentuk kanji. Dan untuk anak SMU harus menguasai 1945 kanji yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari. Namun baru-baru ini pemerintah jepang menaikan jumlah kanji yang harus dikuasai menjadi sekitar 2001 kanji. (Walaah walaah…asal harga sembako ga ikutan naik juga)

 

Cara membaca kanji ada 2, yaitu 音読み(onyomi) dan 訓読み (kunyomi). Onyomi adalah cara baca orang Cina menurut pendengaran orang jepang. Sedangkan untuk kunyomi adalah cara baca orang jepang terhadap kanji itu sendiri. Namun ada beberapa kanji yang hanya mempunyai onyomi. Dan untuk kanji buatan jepang sendiri sebagian besar hanya mempunyai kunyomi. Berikut perbedaan onyomi dan kunyomi :

 

Onyomi :

1.    Cara baca orang cina terhadap kanji.

2.    Tidak ada huruf hiragana yang menyertai.

3.    Kebanyakan digunakan saat kanji satu berdampingan dengan kanji lainnya ,contoh :  火力 (karyoku)

 

Kunyomi :

1.    Cara baca orang Jepang terhadap kanji.

2.    Biasanya disertai dengan huruf hiragana, contoh : 上がります(agarimasu). Kanji yang menempel dengan huruf hiragana disebut juga okurigana.

3.    Jarang digunakan bila berdampingan dengan kanji lain, kecuali nama family atau beberapa pengecualian lainnya, contoh : 山田(nama keluarga Yamada)

 

Penggunaan cara baca baca kanji tergantung arti dan konteks dari sebuah kalimat. Berikut adalah contoh kanji beserta cara bacanya.

 

Kanji

Kunyomi

Onyomi

(gunung)

Yama

San

(sungai)

Kawa

Sen

(bulan)

Tsuki

Getsu

(api)

Hi

Ka

(orang)

Hito

Jin

(emas)

Kane

Kin

(kekuatan)

Chikara

Ryoku

(sawah)

Ta/-Da

Den

 

Yap!! Begitulah sekelumit tentang kanji yang saya ketahui. Hehehe…Mudah-mudahan bisa terus update. Ja matane, minna-san!!

2 komentar: