Minggu, 21 Juli 2013

Angka dan Bilangan dalam Bahasa Jepang


Angka dan Bilangan dalam Bahasa Jepang
Konnichiwa!! 慈悲あまねく慈愛深きアッラーの御名におい. Apakah ada yang tau arti dari kalimat yang saya sebutkan tadi minna? Artinya adalah “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang”. Walaupun terjemahan benernya masih belom tau sih. Hahaha...Ada baiknya sebelum memulai sesuatu kita berdoa dulu.

Sekarang saya cuma pengen ngasih tau kosakata angka dan bilangan dalam bahasa Jepang nih. Yuks langsung aja kita liat. Dari yang umum dulu ya.

Angka 0-10

0                                  Zero                                                               
1                                  Ichi                              いち
2                                  Ni                               
3                                  San                             さん
4                                  Yon/Shi                     よん /
5                                  Go                              
6                                  Roku                          ろく   
7                                  Nana/Shichi             なな / しち
8                                  Hachi                         はち
9                                  Kyu                             きゅう
10                                Juu                             じゅう

*Minna pasti liat ada angka yang mempunyai 2 lafal berbeda yaitu, angka 4 dan angka 7. Tapi artinya sama aja kok, perbedaannya cuma pemakaiannya aja. Nanti kita lihat contohnya ya. Umumnya  untuk angka 4 dan 7 memakai yon dan nana, karena kata shi juga bisa berarti kata untuk  mati. Karena kepercayaan inilah biasanya gedung-gedung di Jepang tidak mempunyai lantai 4.

Angka 11-100

11                                Juuichi                       じゅういち
12                                Juuni                          じゅうに
13                                Juusan                      じゅうさん
14                                Juuyon                      じゅうよん
15                                Juugo                         じゅうご
16                                Juuroku                     じゅうろく
17                                Juunana                    じゅうなな
18                                Juuhachi                   じゅうはち
19                                Juukyuu                    じゅうきゅう
20                                Nijuu                          にじゅう
30                                Sanjuu                       さんじゅう
40                                Yonjuu                       よんじゅう
50                                Gojuu                         ごじゅう
60                                Rokujuu                     ろくじゅう
70                                Nanajuu                    ななじゅう
80                                Hachijuu                    はちじゅう
90                                KyuuJuu                   きゅうじゅう
100                             Hyaku                          ひゃく


Angka 100-1000

101                             Hyakuichi                  ひゃくいち
200                             Ni hyaku                    にひゃく
300                             Sanbyaku                  さんびゃく
400                             Yon hyaku                よんひゃく
500                             Go hyaku                   ごひゃく
600                             Roppyaku                  ろっぴゃく
700                             Nana hyaku              ななひゃく
800                             Happyaku                  はっぴゃく
900                             Kyuu hyaku              きゅうひゃく
1000                           Sen                             せん

*Minna coba lihat tulisan yang berwarna merah. Kenapa ya kira-kira dikasih warna merah? Dikasih warna merah karena angka-angka tersebut spesial minna. Angka-angka spesial tersebut mempunyai lafal yang unik. Dalam menggunakan angka minna patut mencurigai 4 angka yang biasanya mempunyai lafal yang berbeda (walaupun tidak selalu). Angka-angka tersebut adalah angka 1,3,6 dan 8.

Angka 1000-100.000.000

2000                           Nisen                         にせん
3000                           Sanzen                      さんぜん
4000                           Yonsen                      よんせん
5000                           Gosen                         ごせん
6000                           Rokusen                    ろくせん
7000                           Nanasen                   ななせん
8000                           Hassen                      はっせん
9000                           Kyuusen                    きゅうせん
10.000                        Ichiman                      いちまん
20.000                        Niman                        にまん
30.000                        Sanman                     さんまん
40.000                        Yonman                     よんまん
50.000                        Goman                       ごまん
60.000                        Rokuman                  ろくまん
70.000                        Nanaman                  ななまん
80.000                        Hachiman                 はちまん
90.000                        Kyuuman                  きゅうまん
100.000                      Juuman
                                    じゅうまん

200.000                      Ni juuman
                                    にじゅうまん

250.000                      Ni juu go man
                                    にじゅうごまん

475.000                      Ni juu nanaman gosen
                                    にじゅななまんごせん       
           
555.500                      Go juu goman gosen go hyaku
                                    ごじゅうななまんごせんごひゃく

725.349                      Nanajuu niman gosen sanbyaku yonjuu kyuu
                                    ななじゅにまんごせんさんびゃくよんじゅうきゅう

1.000.000                  Hyakuman
                                    ひゃくまん

3.000.000                  Sanbyaku man
                                    さんびゃくまん

10.000.000                Issenman
                                    いっせんまん

25.000.000                Nisen go hyaku man
                                    にせんごひゃくまん

100.000.000              Ichi Oku
                                    いちおく


Penggunaan angka dalam tanggal.
Untuk penggunaan angka dalam hari untuk, angka 1-10 kita tidak menggunakan hitungan seperti yang diatas. Untuk angka 11-31 (kecuali 14 dan 24) kita kembali menggunakan hitungan umum seperti diatas. Kata ka dan nichi disini berarti hari.

Tanggal 1                  Tsuitachi                                一日
Tanggal 2                  Futsuka                                 二日
Tanggal 3                  Mikka                                      三日
Tanggal 4                  Yokka                                     四日
Tanggal 5                  Itsuka                                     五日
Tanggal 6                  Muika                                     六日
Tanggal 7                  Nanoka                                  七日
Tanggal 8                  Youka                                      八日
Tanggal 9                  Kokonoka                              九日
Tanggal 10                Tooka                                     十日
Tanggal 11                Juuichi nichi                         十一日
Tanggal 12                Juuni nichi                            十二日
Tanggal 13                Juusan nichi                            十三日
Tanggal 14                Juuyokka                               十四日
Tanggal 15                Juugo nichi                           十五日
Tanggal 16                Juuroku nichi                         十六日
Tanggal 17                Juunana nichi                      十七日
Tanggal 18                Juuhachi nichi                     十八日
Tanggal 19                Juukyuu nichi                      十九日
Tanggal 20                Hatsuka                                 二十日
Tanggal 21                Nijuu ichi nichi                     二十一日
Tanggal 22                Nijuu ni nichi                        二十二日
Tanggal 23                Nijuu san nichi                     二十三日
Tanggal 24                Nijuu yokka                           二十四日
Tanggal 25                Nijuu go nichi                       二十五日
Tanggal 26                Nijuu roku nichi                   二十六日
Tanggal 27                Nijuu  nana nichi                 二十七日
Tanggal 28                Nijuu hachi nichi                 二十八日
Tanggal 29                Nijuu kyuu nichi                  二十九日
Tanggal 30                Sanjuu nichi                         三十日
Tanggal 31                Sanju ichi nichi                    三十一日

Penggunaan angka dalam bulan.
Untuk penggunaan bulan, dibelakangnya kita tambahkan gatsu(bulan). Untuk bulan kita menggunakan hitungan umum namun untuk bulan 4 dan bulan 7 kita memakai shi dan shichi. Bukan yon dan nana.

Januari                      Ichi gatsu                   一月
Februari                     Ni gatsu                     二月
Maret                          San gatsu                  三月
April                            Shi gatsu                   四月
Mei                              Go gatsu                    五月
Juni                            Roku gatsu               六月
Juli                              Shichi gatsu             七月
Agustus                     Hachi gatsu              八月
September                 Ku gatsu                    九月
Oktober                      Juu gatsu                  十月
Novemver                  Juu ichi gatsu           十一月
Desember                  Juu ni gatsu              十二月

Penggunaan angka dalam Tahun.
Untuk penggunaan angka dalam tahun tidak ada yang spesial minna. Semuanya memakai hitungan umum. Untuk tahun 1987 kita akan menyebut sen kyuu hyaku hachi juu nana nen. Nen yang berada di akhir kalimat adalah tahun.

Sekarang minna udah tau nih tentang angka, tanggal, bulan dan tahun. Udah bisa nyebutin hari ulang tahun atau hari kelahiran minna sendiri dalam bahasa jepang dong sekarang? Hehehe...

私の誕生日は10月25日です
Watashi no tanjoubi wa juu gatsu nijuu go nichi desu.
Hari ulang tahun saya tanggal 25 oktober.

ティファさん の 生年月日 は 一九八九年5月3日 です
Tifa no seinengappi wa sen kyuu hyaku hachi juu kyuu nen go gatsu mikka desu.
Hari lahir Tifa tanggal 3 mei 1989 desu.


Kata Bantu Bilangan
Sekarang kita masuk ke kata bantu bilangan minna. Kata bantu bilangan ini untuk menentukan jumlah, dan bentuknya berbeda-beda tergantung bendanya.

Kata bantu bilangan orang (untuk menentukan jumlah orang)
Biasanya berakhiran ~nin, namun untuk 1 dan 2 mempunyai lafal yang unik.

1 orang                      Hitori               一人
2 orang                      Futari               二人
3 orang                      Sannin             三人
4 orang                      Yonin              四人
5 orang                      Gonin              五人
6 orang                      Rokunin          六人   
7 orang                      Sichinin          七人
8 orang                      Hachinin          八人
9 orang                      Kyuunin           九人
10 orang                    Juunin             十人

Kata bantu bilangan untuk benda yang berakhiran ~tsu
Kata bantu bilangan ini untuk menentukan jumlah benda yang tidak terlalu besar, seperti kursi. Atau Benda kecil dan bulat seperti kunci, buah dan roti.

1buah                                    Hitotsu        ひとつ
2 buah                                   Futatsu          ふたつ
3 buah                                   Mitsu              みつ
4 buah                                   Yottsu             よっつ
5 buah                                   Itsutsu            いつつ
6 buah                                   Mutsu             むつ
7 buah                                   Nanatsu         ななつ
8 buah                                   Yattsu             やっつ
9 buah                                   Kokonotsu     ここのつ
10  buah                                Too                 とお

*Untuk jumlah 11 keatas, penggunaannya akan kembali ke penggunaan angka biasa.
Contoh : 11 orang = Juu ichi nin.

Kata bantu bilangan untuk benda yang berakhiran ~dai
Kata bantu bilangan ini untuk menentukan jumlah benda yang besar atau benda elektronik, seperti mobil, motor, komputer, dan televisi.

1buah                                    Ichidai         いちだい
2 buah                                   Nidai               にだい
3 buah                                   Sandai           さんだい
4 buah                                   Yondai           よんだい
5 buah                                   Godai             ごだい
6 buah                                   Rokudai         ろくだい
7 buah                                   Nanadai         ななだい
8 buah                                   Hachidai        はちだい
9 buah                                   Kyuudai         きゅうだい
10  buah                                Jyuudai          じゅうだい

Kata bantu bilangan untuk benda yang berakhiran ~mai
Kata bantu bilangan ini untuk menentukan jumlah benda yang tipis, seperti kertas, foto, perangko, dan amplop.

1 lembar                     Ichimai        いちまい
2 lembar                     Nimai              にまい
3 lembar                     Sanmai          さんまい
4 lembar                     Yonmai          よんまい
5 lembar                     Gomai             ごまい
6 lembar                     Rokumai        ろくまい
7 lembar                     Nanamai        ななまい
8 lembar                     Hachimai       はちまい
9 lembar                     Kyuumai        きゅうまい
10 lembar                  Jyuumai         じゅうまい

Hai!! Sekian minna sedikit pengetahuan tentang angka dan bilangan dalam bahasa jepang. Semoga bisa membantu ya. Amin!! Ja mata aimashou!!



1 komentar:

  1. Gan ane mau tanya tentang terjemahan Bismillah dalam bahasa Jepang yg agan cantumin di awal pos
    Kenapa terjemahan kata Allah dalam bahasa Jepang pake Arra (pake katakana) kok bukan pake Kamisama? mohon pencerahannya gan
    Arigatou :)
    kalo sempet mampir juga ya gan di blog ane http://skaladunia.blogspot.com/

    BalasHapus